Ilustrasi Gelombang Rossby Ekuator

Ilustrasi Gelombang Rossby Ekuator

Prediksi BMKG: Wilayah NTT Dilanda Gelombang Rossby Ekuator Pekan Depan

BMKG memprediksi akan terjadi gelombang Rossby Ekuator yang melanda sejumlah wilayah di Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam satu pekan ke depan. Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang BMKG Agung Sudiono Abadi, mengimbau warga agar mewaspadai dampak Gelombang Rossby Ekuator tersebut.

"Akan berlangsung satu hingga tujuh hari ke depan," ujar Agung, Senin (27/6/2022) dilansir dari Kompas.com.

Agung menyebut, Ekuatorial Rossby merupakan gelombang atmosfer yang bergerak ke arah barat dan terletak di sepanjang ekuator.

Umumnya, kata dia, fenomena itu akan berlangsung selama tujuh hingga 10 hari.

"Gelombang Rossby Ekuator yang melewati wilayah NTT, menyebabkan terjadinya peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah NTT," kata Agung.

Sejumlah daerah yang berpotensi terdampak di antaranya Kabupaten Manggarai Timur, Manggarai, Manggarai Barat, Ngada, Nagekeo, Ende, Flores Timur, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu, dan Malaka.

Kemudian, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Lembata, Alor, Rote Ndao, Sabu Raijua, Sumba Timur, Sumba Barat, Sumba Tengah dan Sumba Barat Daya.

Dia mengatakan, gelombang Rossby Ekuator meningkatkan pertumbuhan awan konvektif di wilayah NTT sehingga memicu terjadinya hujan sedang hingga lebat.

Agung mengimbau warga di daerah-daerah tersebut agar mewaspadai potensi hujan sedang hingga deras, serta bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, maupun sambaran petir.

Masyarakat yang bermukim di wilayah perbukitan atau terjal diminta lebih meningkatkan kewaspadaan ketika terjadi hujan dalam waktu yang lama.