Anggota DPRD TTS, Hendrikus Babys dan Semrys Oryanti Lette saat naik ke mobil tahanan | Foto SUARATTS.com

Anggota DPRD TTS, Hendrikus Babys dan Semrys Oryanti Lette saat naik ke mobil tahanan | Foto SUARATTS.com

Terseret Kasus Penganiayaan Warga Noemuke, Anggota DPRD TTS dan Istri Ditahan Jaksa

Kejaksaan Negeri Soe, TTS akhirnya melakukan penahanan terhadap Anggota DPRD TTS, Hendrikus Babys dan istrinya Semris Oryanti Lette, Senin (20/6/2022). Keduanya ditahan dalam kasus penganiayaan terhadap Abders Seo.

Hal ini diungkapkan Kejari TTS Andarias D’Ornay melalui Kasi Intel Kejari TTS, Putu Eri Setiawan. Dikatakannya Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah menerima Tahap II dari Penyidik Polres TTS terhadap pelaku tindak pidana yang secara terang-terangan dan dengan tenaga bersama-sama melakukan kekerasan terhadap orang sebanyak dua orang atas nama Hendrikus Babys(Aggota DPRD TTS ) dan Semris Orianti Lette (Kepala Desa Noemuke).

Setelah pihaknya melakukan koordinasi dengan Kejari maka dilakukanlah penahanan terhadap keduanya sekitar pukul 21.35 WITA.

“Tadi penyerahan tahap dua dan setelah koordinasi maka kedua tersangka kita tahan,"ujar Putu Eri Setiawan dikutip dari SUARATTS.com, Selasa (21/6/2022).

Kedua tersangka dikenakan Pasal 170 ayat 1 KUHP atau Pasal 351 ayat 1 KUHP Jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP dengan ancaman maksimal untuk pasal 170, 5 tahun dan 6 bulan sedangkan untuk pasal 351 2 tahun dan 8 bulan.

Sebelumnya, Anggota DPRD TTS Fraksi Nasdem, Hendrikus Babys dan istrinya, Semris  Lette ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penganiayaan terhadap Apders Seo, warga Desa Noemuke Kecamatan Amanuban Selatan.

Kasus penganiayaan ini terjadi pada 18 Agustus 2021 silam, bermula ketika korban pergi ke kali Noemuke untuk mencuci sepeda motor. Karena motornya tidak ada lampu, seorang teman korban yang menggunakan sepeda motor Yupiter menawarkan bantuan untuk menyalakan lampu motor dan mengikutinya dari belakang.

Namun saat tiba di dekat rumah jabatan kepala desa, tiba-tiba teman korban yang mengendarai sepeda motor Yupiter berbelok sehingga membuat dirinya marah dan memaki temannya. Teriakan makian korban didengar oleh Kades Noemuke dan dikira korban memaki dirinya.

Sang Kades yang marah langsung mengikuti korban dengan menggunakan mobil yang dikendarai suaminya. Sesampainya di kali Noemuke, korban langsung mencuci sepeda motornya. Tiba-tiba datanglah kades bersama suaminya langsung menganiaya korban.

Kades diketahui memukul korban menggunakan pelepah pada bagian punggung, tangan dan kaki. Sedangkan suami sang kades yang merupakan anggota DPRD Kabupaten TTS, Hendrikus Babys memukul korban dengan menggunakan kepalan tangan pada bagian mulut hingga terjatuh.