Bayi Perempuan yang Ditemukan di Kali Lafaekfera Atambua, Belu

Bayi Perempuan yang Ditemukan di Kali Lafaekfera Atambua, Belu

Kronologi Penemuan Bayi Perempuan Terbungkus Plastik di Kali Lafaekfera Atambua

Warga Kabupaten Belu dihebohkan dengan penemuan bayi perempuan di kali Lafaekfera Kelurahan Lidak, Kecamatan Atambua Selatan. Saat ditemukan kondisi bayi masih hidup, tali pusar masih menempel dan mengalami hipotermia.

"Iya pagi tadi bayi dibawa ke rumah sakit kondisi bayi mengalami hipotermia. Mungkin karena kedinginan di kali itu," kata plt Dirut RSUD MGR Gabriel Manek Atambua drg. Ansilla Eka Mutty, Kamis,(16/05/2022) dilansir dari iNews.id.

Dengan kondisi tersebut, bayi dengan berat 2,2 kg ini akhirnya dibawa ke Rsud Atambua  untuk mendapat perawatan intensif oleh para medis. Dari kondisi bayi tersebut  diperkirakan, bayi tersebut lahir pada malam hari tadi. Mengingat tali pusar masih menempel.

"Kemungkinan lahir tadi malam hanya jam berapa tidak tahu. Karena saat ditemukan, tali pusar masih menempel. Karena mengalami hipotermia akhirnya kami bawa ke rumah sakit," katanya.

drg Ansilla menambahkan  usai mendapat perawatan kondisi bayi saat ini sudah berangsur membaik. Sesekali bayi sudah mulai menangis.

"Kalau sekarang sudah mulai stabil kondisinya. Dan sudah mulai menangis kita akan melakukan pelayanan yang maksimal kepada bayi ini sampai kondisi bayi ini benar-benar pulih dan diperbolehkan pulang."

Selain itu menurut Santi, warga yang pertama kali menemukan bayi ini menjelaskan bahwa sejak malam tadi sekitar pukul 23.00 WIB terdengar suara tangisan bayi, namun karena tengah malam ia tidak berani untuk keluar rumah.

"Sejak jam 11 malam tadi kita sudah dengan tangisan bayi namun kita tidak keluar rumah karena kita takut," katanya.

Dirinya menambahkan, pada pukul 5 pagi tadi, ia kembali mendengar tangisan bayi. Lalu, ia membangunkan suami dan juga kakak kandungnya untuk mencari asal suara bayi itu. Tidak menunggu waktu lama, mereka menemukan sosok bayi yang diisi dalam kantong plastik hitam di tengah kali.

"Ketika mendapatkan bayi ini di isi di dalam kantong hitam dan diletakan di tengah kali dengan posisi kepala bayi sudah di pinggir genangan air kali," ungkapnya.

Melihat kondisi bayi yang masih dengan tali pusat dan mulai dikerumuni semut, Santi langsung menggendong bayi itu ke rumahnya. Namun karena kondisinya sangat lemah, mereka memutuskan membawa bayi itu ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.

Polres Kabupaten Belu kini sedang menyelidiki kasus ini.