Foto Koran Timor

Foto Koran Timor

Warga Malaka Ditemukan Tewas Tenggelam Saat Mancing di Waduk

Baltasar Berek, warga Dusun Nurobo B1, Desa Meotroi, Kecamatan Laenmanen, Kabupaten Malaka tewas akibat tenggelam saat mencari ikan di sebuah waduk (cekdam) di dekat tempat tinggalnya, Senin (7/2/22). 

Peristiwa itu pun dibenarkan oleh Kepolisian Resort (Polres) Malaka melalui Kasat Reskrim Polres Malaka, AKP Jamari pada Senin (07/02/2022).

Menurut Kasat Reskrim Jamari, jenazah Baltasar Berek alias Klemens ditemukan oleh aparat gabungan TNI – POLRI serta Tim Tagana Dinas Sosial Kabupaten Malaka, setelah melakukan pencarian selama 12 jam.

“Kronologi kejadian bermula pada hari Minggu tanggal 6 Februari 2022 sekitar pukul 17.30 WITA, Korban (Baltasar) berangkat untuk mencari ikan ke waduk dekat tempat tinggalnya. Meski sempat dilarang oleh istrinya, namun Korban tetap berangkat," ujar Jamari, dikutip dari Koran Timor.

Selanjutnya, karena khawatir, Kunera Hoar isteri korban bersama dengan warga lain menyusul suaminya ke waduk atau cekdam untuk mencari ikan.

Sekitar pukul 18.00 WITA, korban dan beberapa warga menyiapkan peralatan menangkap ikan. Beberapa saat kemudian, korban bersama warga lainnya yakni Fransiskus Roi Un alias Roi masuk ke dalam waduk untuk menangkap ikan.

Korban sempat beberapa kali keluar dari waduk dan mengantar ikan hasil tangkapannya bersama Roi. Setelah itu, korban masuk lagi ke dalam waduk bersama anaknya Jeri Herson Asa. Sementara istri korban bersama warga lainnya juga sibuk menangkap ikan.

"Selang kurang lebih 30 menit kemudian, anak korban yaitu Jery berteriak memberitahukan ibunya, Kunera Hoar bahwa korban tenggelam. 'Mama..mama..bapak tenggelam dari tadi tidak keluar keluar'," jelas Jamari.

Selanjutnya, istri korban (Kunera Hoar) bersama warga lainnya langsung melakukan upaya pencarian dengan berjalan mengelilingi waduk sambil berteriak memanggil korban. Namun, Korban tidak juga muncul.

Warga masyarakat di sekitar waduk pun datang membantu mencari, namun korban tidak ditemukan saat itu. Masyarakat kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Laenmanen.

Kapolsek Laenmanen, Ipda Benediktus Bau selanjutnya mengerahkan anggota untuk Mendatangi tempat kejadian perkara ( TKP) dan melakukan pencarian terhadap Korban. Karena korban tidak ditemukan, kejadian ini kemudian dilaporkan kepada Kapolres Malaka AKBP Rudy J.J. Ledo.

Kapolres Malaka kemudian memerintahkan Kasat Reskrim Polres Malaka AKP Jamari, SH , MH untuk mendatangi TKP.

”Saya perintahkan Kasat Reskrim untuk mendatangi TKP dan melakukan pencarian terhadap Korban,” kata Kapolres Malaka.

Selanjutnya Kasat Reskrim, didampingi oleh Kanit Pidum, Aipda Abdullah Donumo dan Kaur Identifikasi, Bripka Elifas Tano menuju TKP, dan selanjutnya menghubungi Tim Tagana Dinsos Kabupaten Malaka, untuk Melakukan pencarian terhadap Korban dengan Rubber boat dan penyelam Polri.

Sampai dengan hari Senin tanggal 7 Februari 2022 sekira pukul 03.00 WITA pencarian dihentikan karena sudah pagi dan korban belum ditemukan. Kemudian pencarian terhadap Korban kembali dilanjutkan pada pukul 08.00 WITA dan pada pukul 10.00 WITA Korban Baltasar Berek alias Klemens berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal.