Dok. Istimewa

Dok. Istimewa

Cek Apakah Anda Anggota Partai Politik atau Bukan, Cari Tahu di Link Ini

Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka link khusus untuk seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) terkait kepesertaan atau keanggotaan Anda di dalam partai politik.

Link khusus KPU ini untuk mengecek apakah Anda terdaftar sebagai anggota partai politik calon peserta Pemilu 2024, atau bukan.

Jika Anda merasa sebagai anggota parpol peserta Pemilu 2024 di link KPU ini, maka pencantuman nama Anda di daftar anggota parpol tidak menjadi masalah. Masalah muncul jika Anda merasa bukan anggota parpol, tapi nama dan data anda ada dalam daftar parpol peserta Pemilu 2024.

Untuk masalah ini, KPU juga menyediakan link khusus untuk tanggapan atau perbaikan data sesuai dengan permintaan Anda terkait keanggota di dalam parpol peserta Pemilu 2024.

https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik

Cara ngeceknyasangat gampang dan mudah. Tinggal klik link di bawah ini:

1.Buka https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik

2. Silahkan masukkan NIK yang di cari

Jika Anda memang anggota parpol peserta Pemilu 2024, nanti akan muncul dengan sendirinya data keanggotaan Anda di parpol dimaksud.

Namun jika ternyata setelah dicek, nama Anda tercantum sebagai anggota parpol, padahal Ada tidak pernah merasa mendaftar atau aktif di organisasi parpol, Anda bisa buka link lain yang juga disediakan khusus oleh KPU.

Jika ada warga yang sudah melakukan pengecekan, dan merasa bukan anggota parpol tapi ada dalam daftar anggota parpol, bisa mengajukan klaim untuk perbaikan.

Caranya juga gampang, KPU menyediakan link khusus lain di bawah ini, tinggal klik lalu ikuti perintahnya:https://helpdesk.kpu.go.id/tanggapan