Polres Gresik menahan empat tersangka kasus manusia menikahi kambing, Rabu (20/7/2022). Foto: Polres Gresik

Polres Gresik menahan empat tersangka kasus manusia menikahi kambing, Rabu (20/7/2022). Foto: Polres Gresik

Heboh Pernikahan Manusia dengan Kambing, Anggota DPRD Ditahan

Bulan Juni 2022 kemarin, sebuah video pernikahan antara manusia dengan kambing di Gresik viral di media sosial. Usut punya usut, video itu ternyata dibuat demi konten di media sosial semata.

Kini polisi menetapkan empat orang sebagai tersangka penistaan agama dalam kasus tersebut. Salah satunya adalah anggota DPRD Gresik dari Fraksi NasDem Nur Hudi Didin Arianto (NH).

Tiga tersangka lainnya adalah Saiful Arif (SA) selaku pengantin pria, Arif Saifullah (AS) sebagai pencetus konten, dan Krisna atau Sutrisna (S) yang bertindak sebagai penghulu. Nur Hudi dalam kasus ini berperan sebagai pemilik tempat.

Kasatreskrim Polres Gresik Iptu Wahyu Rizki Saputro mengatakan keempat orang itu langsung ditahan di rutan Polres Gresik. Dua tersangka yang ditahan terlebih dahulu adalah AS dan SA keduanya ditahan Selasa (12/7).

Beberapa hari berselang S yang berperan sebagai penghulu datang memenuhi panggilan polisi dan langsung ditahan pada Sabtu (16/7) kemarin.

NH baru memenuhi panggilan Satreskrim Polres Gresik pada Senin (18/7) pagi. 

"NH menjalani pemeriksaan berjam-jam lamanya. Mulai pukul 10.00 sampai 16.00. NH langsung ditahan di Rutan Polres Gresik. Empat tersangka sudah ditahan di rutan Polres Gresik," ujar Iptu Wahyu dalam keterangannya, Rabu (20/7) dilansir dari Kumparan.

Azis menegaskan pihaknya bekerja profesional dalam menangani kasus ini. "Kami bekerja secara profesional sesuai prosedur yang berlaku. Jadi tidak ada tekanan atau intervensi dari mana pun," katanya.

AS dijerat pasal 44a Ayat (2) UU ITE Juncto Pasal 156a KUHP. Sementara itu SA, S dan NH dijerat Pasal 156a KUHP tentang Penistaan Agama.