Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe

Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe

Mantan Perdana Menteri Jepang Meninggal Setelah Ditembak

Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe, meninggal, setelah sempat dirawat di rumah sakit akibat ditembak saat kampanye di Nara, Jumat siang, (8/7/2022). Abe yang meninggalkan jabatannya pada tahun 2020, ditembak seorang pria warga setempat bernama Tetsuya Yamagami. 

Media mengatakan dia pernah bertugas di militer Jepang. Melansir dari NHK, tersangka Tetsuya Yamagami, yang mengatakan kepada polisi bahwa dia tidak puas dengan Abe dan ingin membunuhnya. 

Abe, 67 tahun, menjadi perdana menteri pada 2006, berlangsung hanya setahun sebelum kembali untuk tugas kedua yang langka pada 2012. Ia berupaya menghidupkan kembali ekonomi yang stagnan, melonggarkan batas-batas konstitusi pasifis pasca-Perang Dunia Kedua dan mengembalikan nilai-nilai tradisional.

Dia berperan penting dalam memenangkan Olimpiade 2020 untuk Tokyo, memiliki keinginan untuk memimpin Olimpiade dan bahkan muncul sebagai karakter video game Nintendo Mario selama penyerahan Olimpiade di Rio, tuan rumah 2016.

Abe menjadi perdana menteri terlama di Jepang pada November 2019, tetapi pada musim panas 2020, dukungan telah terkikis oleh penanganannya terhadap wabah Covid-19 serta serangkaian skandal termasuk penangkapan mantan menteri kehakimannya.

Dia mengundurkan diri pada bulan September tahun itu tanpa mencapai tujuannya yang telah lama dipegangnya untuk merevisi konstitusi atau memimpin Olimpiade, yang telah ditunda hingga 2021 karena pandemi Covid-19.