Petugas damkar mengupayakan api di dalam salah satu ruang gedung A FKIP UNS. (ANTONIUS C/RADAR SOLO)

Petugas damkar mengupayakan api di dalam salah satu ruang gedung A FKIP UNS. (ANTONIUS C/RADAR SOLO)

Diduga Korsleting Listrik, Gedung FKIP Kebakaran

Ruang sidang 1 di Gedung A FKIP UNS Solo mengalami kebakaran, Kamis (07/06/2022). Dugaan sementara, kebakaran dipicu korsleting listrik dari peralatan elektronik, seperti komputer dan sound system.

“Peralatan ini sebelumnya digunakan untuk rapat ujian guru-guru secara daring,” jelas Kapolsek Jebres, Kompol Suharmono, saat dikonfirmasi.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Suharmono menerangkan, kebakaran itu terjadi Kamis pagi saat polisi tengah apel pagi.

“Ketika itu Pak Dekan (Dekan FKIP UNS Dr Mardiyana) melihat asap mengepul. Kemudian dilaporkan ke pemadam kebakaran,” jelasnya dilansir dari Bengawan News.

Mardiyana mengatakan, asap tebal tersebut terlihat mengepul dari lantai 1 dan 2 saat Gedung FKIP digunakan ujian online Program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

“Saya teriak lalu semua yang ada di ruangan keluar. Ada asap tebal menuju lantai 2. Di situ sampai ada yang memecah kaca,” terang dia.

Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho menerangkan saat kebakaran tengah berlangsung ujian online dengan 400 peserta.  Adapun di lokasi tersebut terdapat 56 pengawas.

“Pelaksanaan ujian PPG lalu kami pindah ke ruang TIK. Tidak ada masalah,” tandasnya.

Meski demikian 1 sesi ujian terpaksa ditunda. UNS telah berkoordinasi dengan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) terkait penundaan itu.