Buntut Curhat di Medsos Soal Pasang Kateter ke Pasien Pria, Mahasiswi Ditarik dari Tempat Praktik

Buntut Curhat di Medsos Soal Pasang Kateter ke Pasien Pria, Mahasiswi Ditarik dari Tempat Praktik

Buntut Curhat di Medsos Soal Pasang Kateter ke Pasien Pria, Mahasiswi Ditarik dari Tempat Praktik

Seorang mahasiswi yang sedang praktik di RSUD Wonosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarata (DIY), mengunggah pengalamannya memasang kateter untuk pasien pria di akun media sosial Tiktok @moditabok. 

"Ketika aku harus masang kateter urin/DC untuk pasien cowok. Mana udah cakep, seumuran lagi," tulisnya. 

Kemudian di bagian bawah pemilik akun Tiktok tersebut menulis "Tapi tetap harus profesional ygy".

Pada kolom komentar, banyak netizen yang menduga mahasiswi tersebut berasal dari Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta.

Dugaan tersebut pun dibenarkan Kepala Biro Humas, Kerjasama dan Protokol Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Sinta Maharani. Dia mengatakan bahwa pengunggah yang memiliki akun Tiktok @Moditabok merupakan mahasiswi Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

"Benar itu mahasiswa Unisa Yogya," ujar Kepala Biro Humas, Kerjasama dan Protokol Universitas Aisyiyah Yogyakarta Sinta Maharani dalam keterangan tertulis, Rabu (1/06/2022) dikutip dari Kompas.com.

Sinta mengatakan sudah berkoordinasi dengan Kaprodi Keperawatan dan Dekanat Fakultas Ilmu Kesehatan terkait kasus tersebut. Menurutnya, Prodi Keperawatan juga sudah melakukan beberapa tindakan.

"Memperingatkan atau menegur mahasiswa tersebut terkait dengan konten yang telah dibuat. Menarik mahasiswa tersebut dari tempat praktik kliniknya," ucapnya.

Prodi Keperawatan Universitas Aisyiyah Yogyakarta juga memohon maaf kepada rumah sakit tempat mahasiswi tersebut praktik. Dia mengatakan hari ini akan dilakukan pertemuan antara pihak kampus dengan rumah sakit.

"Akan segera dilakukan pertemuan dengan direktur dan kadiklat rumah sakit tersebut," tegasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa sebenarnya para mahasiswa telah menjalani berbagai pembekalan sebelum terjun ke lokasi praktik. 

"Sebelum mahasiswa terjun ke lahan praktik atau RS, mahasiswa telah mengikuti kegiatan pembekalan. Baik yang berupa kompetensi keahlian maupun pembekalan aspek etik. Termasuk menjaga privasi klien, keselamatan kerja, keselamatan pasien. Dan mereka sudah lolos uji praklinik," tandasnya.

Sementara itu, pemilik akun Tiktok @Moditabok juga telah membuat video klarifikasi terkait unggahannya. Di video klarifikasi, ia meminta maaf atas unggahannya tersebut dan telah menghapusnya.