Sah, Johnny Depp Menang Gugatan Pencemaran Nama Baik Lawan Amber Heard

Sah, Johnny Depp Menang Gugatan Pencemaran Nama Baik Lawan Amber Heard

Sah, Johnny Depp Menang Gugatan Pencemaran Nama Baik Lawan Amber Heard

Johnny Depp memenangkan persidangan pencemaran nama baik melawan Amber Heard. Setelah kurang dari tiga hari musyawarah, Rabu (1/6/2022) panel tujuh orang memutuskan bahwa bintang Aquaman itu mencemarkan nama baik Depp di akhir 2018 Washington Post op-ed.

Dalam artikel itu, Heard menggambarkan dirinya sebagai "wajah publik dari kekerasan dalam rumah tangga."

Lebih dari dua tahun setelah dia menuduh Depp melakukan kekerasan fisik dan memperoleh perintah penahanan terhadapnya.

Depp meminta ganti rugi 50 juta dolar AS (sekitar Rp730 miliar), tetapi juri telah memberinya 15 juta-10 juta dolar AS (Rp145 miliar-Rp218 miliar) sebagai kompensasi kerusakan dan 5 juta dolar AS (Rp72 miliar) sebagai ganti rugi.

Ganti rugi diberikan selain ganti rugi yang sebenarnya dalam keadaan tertentu. Ini biasanya diberikan atas kebijaksanaan pengadilan ketika perilaku terdakwa terbukti sangat berbahaya.

Sementara kompensasi kerusakan dirancang untuk mengkompensasi penggugat atas kerugian aktual yang mereka alami.

Namun, Hakim Penney Azcarate dengan cepat mengurangi angka ganti rugi menjadi 350.000 dolar AS (sekitar Rp5 miliar), maksimum yang diizinkan di negara bagian.

Tidak hanya Depp yang mendapat kompensasi, tujuh juri juga memutuskan Heard mendapat kompensasi kerusakan 2 juta dolar AS (sekitar Rp29 miliar) dan tidak mendapatkan ganti rugi. 

Ini terkait dalam salah satu klaimnya, bahwa dia difitnah ketika pengacara Depp Adam Waldman mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia dan teman-temannya 'menjebak' Depp dengan 'penyergapan, tipuan' pada malam pertengkaran mereka di Mei 2016.

Setelah berada di Inggris melakukan tur bersama Jeff Beck hingga Selasa malam (31/5/2022), Depp tidak berada di ruang sidang pada Rabu ketika putusan dibacakan.

Dia mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Juri memberi saya hidup saya kembali. Saya benar-benar hormat."

Perwakilan aktor tersebut mengatakan sebelumnya hari ini bahwa dia akan menonton dari Inggris ketika putusan dalam kasus perdata dibacakan.

Usai pembacaan vonis dan juri meninggalkan ruangan, tim kuasa hukumnya saling berpelukan.

"Putusan hari ini menegaskan apa yang telah kami katakan sejak awal, bahwa klaim terhadap Johnny Depp adalah fitnah dan tidak didukung oleh bukti apa pun," Camille Vasquez, salah satu pengacara Depp.

Benjamin Chew, pengacaranya yang lain, mengatakan bahwa mereka bahagia persidangan menghargai kebenaran dan keadilan.

"Senang bahwa persidangan telah beresonansi dengan begitu banyak orang di masyarakat yang menghargai kebenaran dan keadilan," kata Chew.

Saat vonis dibacakan, Heard menatap ke bawah, tampak muram, dan hanya melihat ke atas saat para juri melakukan pemungutan suara.

Dia dengan cepat meninggalkan ruang sidang setelah juri pergi, dengan pengacaranya di belakang. Tak lama kemudian, dia merilis pernyataan.

"Saya sangat sedih karena segunung bukti masih belum cukup untuk melawan kekuatan, pengaruh, dan pengaruh yang tidak proporsional dari mantan suami saya," kata Amber.

"Kekecewaan yang Saya Rasakan Hari Ini Tidak Dapat Diucapkan," imbuh Amber.

Di luar gedung pengadilan Fairfax County, beberapa penggemar Depp bersorak ketika mereka mendapat berita tentang vonis tersebut.

Sebelum putusan dibacakan, hakim melakukan pendekatan dengan pengacara dari kedua belah pihak untuk membahas fakta bahwa juri pada awalnya tidak menentukan kerugian pada bentuk putusan mereka.

Juri dikirim keluar dari ruang sidang untuk memasukkan angka setidaknya 1 dolar AS (sekitar Rp 14.562), hakim menginstruksikan mereka, yang berarti pada saat itu para pengacara dan Heard tahu siapa yang menang.

Op-ed yang dirancang ACLU tiga setengah tahun yang lalu di broadsheet milik Jeff Bezos tidak pernah menyebut nama Depp, tetapi aktor itu bersikeras itu tentang dia.

Depp juga menyebut artikel 2018 'menghancurkan' kariernya. Dia menyatakan bahwa sebenarnya dialah yang menjadi korban kekerasan dalam hubungannya dengan Heard, bukan sebaliknya.

Perjanjian perceraian pasangan 2016 melarang aktor tersebut untuk menuntut Heard atas tuduhan yang dia buat saat itu.

Kasus ini diajukan di Virginia karena Washington Post didistribusikan di negara bagian, tetapi Depp tidak menyebut publikasi sebagai terdakwa.

Pada saat gugatan diajukan, Virginia dianggap sedikit lebih menguntungkan bagi penggugat dalam kasus pencemaran nama baik.