Ilustrasi Kapal Motor Tenggelam

Ilustrasi Kapal Motor Tenggelam

Kehabisan Bahan Bakar, Kapal Motor dengan 42 Penumpang Tenggelam

KM Ladang Pertiwi 02 yang berangkat dari Pelabuhan Paotere, Makassar dengan tujuan dengan tujuan Pulau Pemantauan, Kecamatan Liukang Kalmas tenggelam di Selat Makassar, Kamis (25/5/2022). KM Ladang Pertiwi yang diketahui membawa 42 penumpang itu mengalami kecelakaan akibat kehabisan bahan bakar dan cuaca buruk di sekitaran wilayah Sulawesi Selatan.

Pencarian terhadap penumpang dari Kapal Motor (KM) Ladang Pertiwi 02 yang tenggelam di Selat Makassar, Sulawesi Selatan terus berlanjut hingga hari ini. Kemarin, Minggu (29/5/2022), sebanyak 21 orang telah berhasil ditemukan selamat. Sedangkan 21 orang lagi masih dalam pencarian.

Melansir dari Kompas.com, Kepala Basarnas Sulawesi Selatan Djunaidi mengatakan, pencarian di hari kedua ini terhadap penumpang kapal tersebut terus dilakukan.

Menjelang sore tadi, empat orang penumpang korban kapal tenggelam KM Ladang Pertiwi 02 kembali ditemukan oleh KRI Sultan Hasanuddin.

Keempat penumpang yang berhasil ditemukan selamat yakni Nur Hasanah (34), Misbahul Hasan (9), Suparman (49), Damra (35).

Keempatnya ditemukan mengapung di laut oleh kapal kargo Viar Ocean yang melintas di sekitar lokasi tenggelamnya KM Ladang Pertiwi 02 sekitar sebelum Pulau Pemantauan di perairan Selat Makassar.

"Tadi sore kami terima informasi bahwa kapal kargo Viar Ocean yang melintas di sekitar lokasi kecelakaan kapal menemukan empat orang korban. Jadi hingga saat ini total korban ditemukan selamat yaitu 21 orang korban," ungkapnya.

Djunaidi menambahkan bahwa kapal kargo Viar Ocean kemudian menyerahkan korban yang ditemukan ke KRI Sultan Hasanuddin yang posisinya saat itu berada paling dekat.

"Saat ini kami sudah membangun posko Basarnas yang berlokasi di Pelabuhan Paotere, sehingga memudahkan keluarga korban untuk melapor ataupun mencari informasi perihal keluarga yang menjadi penumpang dari KM Ladang Pertiwi 02," katanya.