Foto CNBC

Foto CNBC

Amerika Serikat Terbukti Bantu Ukraina Bunuh Jendral Rusia

Peran Amerika Serikat (AS) bagi Ukraina dalam invasi dengan Rusia terungkap. Seorang pejabat senior AS mengatakan, intelijen dari negaranya telah membantu pasukan Ukraina untuk membunuh banyak jenderal Rusia.

Seperti dilansir Reuters, yang mengutip New York Times, Sabtu (7/5/2022), Washington telah memberikan rincian kepada Ukraina tentang perkiraan pergerakan pasukan Rusia dan lokasi serta rincian lainnya tentang markas militer bergerak Rusia.

Ukraina pun telah menggabungkan bantuan itu dengan intelijennya sendiri untuk melakukan serangan artileri dan serangan lain yang telah menewaskan perwira Rusia.

Terkait klaim dari sumber tersebut, Pentagon dan Gedung Putih masih enggan berkomentar.

Sementara itu, pejabat Ukraina mengatakan, mereka telah membunuh sekitar 12 jenderal Rusia di medan perang. Namun, para pejabat AS menolak merinci berapa banyak jenderal yang tewas akibat intelijen Amerika.

Sejauh ini, AS memang dikenal getol berkomentar terkait perang di Ukraina. Bahkan, Negeri Paman Sam pun telah mengirimkan sejumlah bantuan militer untuk Ukraina.

Sejauh ini belum ada konfirmasi lebih jauh mengenai keterlibatan intelijen AS dalam perang tersebut. Namun, Presiden Rusia Vladimir Putin sebelumnya pernah menyatakan ada campur tangan intelijen AS.